Rabu, 16 Januari 2013


A. Pengertian Sampah Anorganik

Sampah anorganik yaitu sampah yang terdiri dari bahan-bahan yang sulit terurai secara biologis sehingga penghancurannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Sampah anorganik berasal dari SDA tak terbaharui seperti mineral dan minyak bumi, atau proses industry. Beberapa dari bahan ini tidak terdapat di alam seperti plastic dan alumunium. Sebagian zat organik secara keseluruhan tidak dapat diuraikan oleh alam, sedangkan sebagian lainnya hanya dapat diuraikan dalam waktu yang sangat lama. Sampah jenis ini pada tingkat rumah tangga, misalnya berupa botol, botol plastik, tas plastik dan kaleng.

B. Jenis-jenis Sampah Anorganik

Contoh sampah dari sampah anorganik adalah : potongan-potongan atau pelat-pelat dari logam, berbagai jenis batu-batuan, pecah-pecahan gelas, tulang-belulang, kaleng bekas, botol bekas, bahkan kertas, dan lain-lain.

C. Dampak Sampah Anorganik

a. Gangguan Kesehatan
Timbunlah sampah yang dapat menjadi tempat pembiakan lalat yang dapat mendorong penularan infeksi dan dapat menimbulkan penyakit yang terkait dengan tikus.
b. Menurunnya kualitas lingkungan
c. Menurunnya estetika lingkungan
Timbunlah sampah yang berserakan, agar lingkungan tampak indah
d. Terhambatnya pembangunan Negara

D. Cara Mengolah Sampah Anorganik

Sampah kertas
Sampah kertas bisa dikumpulkan menjadi satu bagian yang dipisahkan dari sampah lainnya. Entah selanjutnya dibuang ke tempat sampah atau dijual ketukang loak, minimal kita sudah memudahkan langkah para pengelola sampah untuk melakukan pengolahan tingkat lanjut. Kumpulan sampah kertas bisa dibuat berbagai macam jenis kerajinan tangan, seperti topeng, patung dan kertas daur ulang. Nilai jual sampah kertas daur ulang lebih tinggi dari sekedar sampah kertas biasa. Kertas daur ulang bisa dijual ke pengrajin sebagai bahan pembuat kerajinan tangan atau anda sendiri yang membuat karya seni yang menghasilkan.

Sampah botol
Botol beling memiliki nilai tinggi, apalagi masih utuh. Jika sudah tidak bisa utuh akan didaur ulang lagi bersama dengan berbagai jenis kaca lainnya untuk dicetak menjadi botol baru. Harga sampah botol bekas minuman lebih rendah karena bentuknya khusus sehingga pembelinya terbatas perusahaan minuman itu. Botol kecap lebih mahal karena banyak produk yang bis adikemas dengan botol itu. Usaha botol bekas juga member peluang kerja bagi ibu-ibu sebagai pencuci botol.

Sampah plastik
Sampah plastik dijadikan menjadi satu. Dipisahkan dari plastik basah dan plastik kering. Plastik yang kering bisa dibakar dan yang basah bisa dibakar pula

5 komentar:

  1. Hallo kita ada juga nih artikel tentang 'Sampah Anorganik' silahkan kunjungi dan dibaca. Ini linknya;
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/596/1/Unlock-Teddy_doddy_59-69.pdf
    Thank you.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  2. nuhun copas ku abdi kanggo tugas

    BalasHapus
  3. Makasi infonya kunjungi juga nih blog gue http://rinifaliandaafa.blogspot.com

    BalasHapus